Manfaat Musik Bagi Anak

05.42 0 Comments


Musik bukan hanya sebagai sarana hiburan bagi manusia. Musik juga merupakan ladang bisnis yang terus berkembang. Bagi anak-anak, musik bahkan memiliki manfaat yang lebih banyak lagi. Mulai dari membantu perkembangan otak sampai psikologis, dan itu dapat ditemukan secara khusus pada musik klasik.
Grace Sudargo, seorang musisi dan pendidik mengatakan, “Dasar-dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, bahkan raga manusia.”
Kapan mulai memperdengarkan musik?
Tidak ada batasan, anjuran atau standar resmi untuk kapan seharusnya seseorang mulai mendengarkan musik. Musik boleh mulai diperdengarkan kapan saja, mulai dari orang dewasa, anak-anak, bahkan bayi yang masih ada dalam janin. Pada saat masih kecil, perdengarkanlah musik setidaknya tiga kali sehari: Saat bangung tidur,  pengantar tidur siang, dan ketika akan tidur malam.
Membantu meningkatkan kecerdasan
Ada banyak faktor penting yang dapat memengaruhi perkembangan otak si kecil. Salah satunya adalah musik. Menurut Dr Kuei Pin Yeo, orang Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar Doctor dalam bidang seni permainan piano dari Manhattan School of Music, New York menjelaskan bahwa mengenalkan musik pada anak sebaiknya dilakukan sejak dini, karena peran musik sangat besar dalam menstimulasi pertumbuhan jaringan sel otak anak.
Musik juga mampu meningkatkan inteligensi spasial (kecerdasan ruang) sebanyak 46% dibanding anak-anak yang tidak terekspos musik. Untuk bidang eksakta, music dipercaya memiliiki kaitan erat dengan penguasaan matematika dan ilmu pengetahuan di periode sekolah.
Penelitian di Universitas Toronto menambahkan, anak yang belajar musik cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding yang tidak belajar musik. Dengan berlatih musik, keseimbangan otak kiri dan kanan anak akan terbangun dengan baik. Mereka yang saat kecil belajar musik, akan memiliki prestasi akademik yang lebih baik saat mereka dewasa.
Meningkatkan kemampuan motorik.
Penulis buku Learning Before Birth: Every Child Deserves Giftedness, Dr Brent Logan menyatakan bahwa perkembangan detak jantung dan fisik bayi (bahkan janin) yang mendengarkan musik akan menjadi lebih baik. Irama musik terbukti mampu menstimulus bayi untuk senang bergerak. Respons ini tentunya membantu perkembangan fisik bayi, dalam hal kekuatan, koordinasi dan kontrol motoriknya.

Sumber : http://www.blueband.co.id/cerita/manfaat-musik-bagi-anak/

0 komentar: