7 Bahaya Gadget Untuk Kesehatan

18.39 0 Comments



7 Bahaya Gadget Untuk Kesehatan


Keberadaan gadget tentu kian memudahkan dalam berkomunikasi juga untuk membuat Anda terhibur

Namun banyak fakta-fakta yang mengungkapkan penggunaan gadget terlalu sering dapat merusak sel-sel, otot, juga syaraf di dalam tubuh. Bahkan gelombangnya yang dapat meresap ke dalam tubuh mampu menimbulkan radikal bebas di tubuh. Dr. Grace Judio-kahl dalam Health Club, Rabu (26/2) menyarankan beberapa hal yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan Anda:
  1. Jangan meletakkan gadget Anda di samping tempat tidur karena medan elektromagnetiknya dapat membuat sel-sel tubuh rusak dan memengaruhi otak.
  2. Ketika memakai gadget, kita terpaksa menunduk. Akibatnya otot di depan atau belakang kepala Anda harus menarik agar kepala kita tidak jatuh terlalu ke depan. Karena itulah, otot jadi sering kaku. Kepala juga akan terasa pusing karena otot dan syaraf bekerja terlalu keras, kemungkinan pembuluh di otak bengkak.
  3. Penggunaan gadget terlalu dekat dapat merusak daya akomodasi mata. Radiasi gelombang elektromagnetik dan pendaran cahaya dari layar gadget membuat mata Anda harus tambah fokus sehingga mata menjadi buram.
  4. Pada orang dewasa, mata yang terbiasa melihat handphone jarang berkedip. Mata yang seharusnya berkedip 16 kali per menit, berkurang jadi 8 kali per menit. Mata pun jadi kering dan menyebabkan iritasi dan infeksi terlebih jika Anda sering pakai lensa kontak.
  5. Handphone yang sering diletakkan di dekat area reproduksi dapat memberikan pengaruh. Pada pria, handphone yang sering diletakkan di kantong depan dan belakang dapat mematangkan benih (sperma) pada sistem reproduksi pria. Begitu juga pada wanita. Sebaiknya letakkan handphone di dalam tas.
  6. Secara tidak langsung, gadget juga memberikan pengaruh psikologis. Yaitu, jadi sering mengecek apakah ada telepon atau pesan yang masuk atau tidak. Cosmoner akan merasa handphone Anda selalu bergetar. Jika Cosmoner mengalami hal ini. Maka Anda sudah mengalami phantom vibration syndrome.
  7. Penelitian menyebutkan: meletakkan gadget di samping tempat tidur atau di dekat kepala Anda akan membuat radiasinya membuat hemoglobin (HB) Anda menjadi rendah sehingga membuat Anda anemia, mimpi buruk, tidur jadi tidak nyenyak, badan tidak segar, kurang konsentrasi, dan mudah lupa. 
Semakin ke sini banyak penyakit yang sebenarnya tidak bisa jelaskan penyebabnya. Gadget itu memang tidak bisa dipisahkan dari orang lain. Sebaiknya, bijaklah dalam menggunakan gadget. Meskipun Anda butuh, tapi jangan mengharamkannya juga. Membiarkan diri sehari atau dalam beberapa menit tanpa gadget tentu sangat disarankan demi kesehatan.

Sumber : http://www.cosmopolitanfm.com/health-and-beauty/tips/267-health/2086-7-bahaya-gadget-untuk-kesehatan#.VEha-tkmFkg

0 komentar: