Gili Trawangan

18.13 0 Comments


Gili Trawangan adalah pulau yang unik, tidak ada kendaraan bermotor di pulau ini, satu-satunya kendaraan umum di pulau ini ialah kereta kuda / andong yang disebut sebagai Cidomo. Atau anda bisa menyewa sepeda dengan harga sekitar Rp. 50.000 / Hari dan memakai sepuasnya, pulau ini dapat dikelilingi dengan bersepeda santai hanya dengan waktu sekitar 1.5 jam. Jangan membayangkan sebuah jalan aspal di sini, jalan utama yang ada masih terbuat dari pasir pantai, di beberapa tempat sudah diberi perkerasan oleh pemilik hotel setempat.


Gili Trawangan terkenal sebagai Party Island atau pulau pesta, mungkin nama ini diambil dari banyaknya cafe, bar dan restaurant yang memang buka sampai larut malam, beberapa wisatawan sering mengadakan pesta di dalamnya, namun sejatinya pulau ini tidak hanya berisi pesta, banyak sudut-sudut lain yang memberikan nuansa berbeda bahkan sebaliknya, seperti keheningan & ketenangan serta keindahan alam baik diatas maupun di bawah airnya. Definisi Party Island untuk pulau ini sepertinya tidak terlalu tepat.

Gili Trawangan adalah pulau yang romantis, ini adalah tempat dimana anda bisa menyaksikan sunset dan sunrise sekaligus. Duduk bersama pasangan di Sunset View pada sore hari banyak dilakukan oleh wisatawan asing, pemandangan dan suasananya memang fantastis.

Gili Trawangan adalah tempat yang cocok untuk melarikan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari di kesemerawutan kota besar, banyak wisatawan hanya duduk-duduk di pinggir pantai sampai larut malam sambil menikmati minuman, membaca buku atau melihat tayangan film pada layar besar yang disediakan oleh beberapa cafe / restaurant. Ini adalah tempat yang sangat cocok untuk berdiam diri & doing nothings.

Snorkeling & Diving tentu saja menjadi primadona di sini. Banyak sekali terdapat penyewaan alat snorkeling dengan harga sangat terjangkau, sementara untuk masalah diving, tempat ini adalah surganya divers. Pulau ini dipenuhi oleh penyedia layanan dan pelatihan menyelam dengan sertifikasi internasional, beberapa diantaranya ialah Manta Dive. Pemandangan bawah laut pantai sekitar beserta ikan-ikannya merupakan spot terbaik yang ada di Lombok.

Gili Trawangan ialah pulau yang aman walaupun tanpa polisi, sistim keamanan di sini dikelola secara tradisional namun cukup efektif, apabila kedapatan seseorang melakukan kejahatan atau mengganggu wisatawan, keamanan setempat atau disebut sebagai Satgas akan membawanya ke kantor polisi terdekat di Bangsal dan memberi hukuman tambahan yakni melarang orang tersebut untuk datang kembali ke Gili Trawangan sampai dengan 5 tahun.

Sudah dapat dimaklumi bahwa air tawar atau Fresh Water untuk keperluan mandi merupakan barang yang mahal dan langka di pulau kecil ini, janganlah terlalu kaget ketika air mandi yang keluar dari shower kamar mandi hotel anda terasa asin, bahkan air yang keluar dari keran wastafel ketika anda menggosok gigi pun merupakan salt water. Beberapa hotel mewah seperti Villa Ombak menyediakan air tawar / fresh water di dalam gentong untuk membilas tubuh setelah mandi.

Walaupun tidak ada kendaraan bermotor, Gili Trawangan sudah memiliki aliran listik yang diperoleh dari sebuah pembangkit listrik tenaga diesel di sebelah utara pulau. Apabila mengelilingi pulau dengan bersepeda, anda akan menemukan pembangkit listrik ini. Sedangkan untuk masalah telekomunikasi, anda juga tidak perlu khawatir, terdapat sebuah BTS di tengah pulau yang dapat mencover seluruh wilayah Gili Trawangan dan kedua Gili lain di sekitarnya.

Sumber : http://www.gilitrawangan.asia/wisata_gili_trawangan.php

0 komentar: