Taman Organik di Tulungagung

20.12 0 Comments


Berada di wilayah Desa Karanganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung para penyuluh merintis taman dan kios organik, lokasi ini sangat strategis dan cocok sekali sebagai pilot project pendidikan lingkungan kepada masyarakat.
Dengan luas lahan sekitar sebelas hektar dan didukung berbagai jenis tanaman yang dikembangkan mulai dari budidaya padi organik, tanaman hortikultura, kolam ikan, buah-buahan dan juga dilengkapi fasilitas outbound, gazebo, kuliner khas taman organik yang menyajikan berbagai menu ala nuansa pedesaan.
Program Taman dan Kios Organik ini merupakan sarana bagi THL-TBPP dalam rangka sosialisasi dan pembelajaran pada masyarakat khususnya kelompok tani tentang budidaya pertanian.
Hasil supervisi dari STPP Malang pada saat melihat dari dekat proses kegiatan menyatakan bahwa taman dan kios organik ini merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki taman organik yang diprakarsai oleh THL-TBPP.
“Taman organik ini mendapat respon dari masyarakat terbukti banyaknya Gapoktan yang ingin studi banding dan meminta jadwal untuk pelatihan budidaya maupun pengolahan kompos dan pestisida organik”, ujar Timour selaku Ketua Forum THL-TBPP Kabupaten Tulungagung.
Taman dan Kios Organik ini dibiayai secara swadaya oleh THL-TBPP yang saat ini berjumlah 100 orang. Para Penyuluh Bantu tersebut tersebar di BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) dengan masing-masing penyuluh memegang satu desa sebagai wilayah binaan.
Pada acara pembukaan tersebut juga dilakukan panen raya padi organik oleh Wakil Ketua DPRD, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Ketua KTNA Tulungagung.
Ke depan konsep yang dikembangkan di lokasi taman organik tersebut adalah metode pembelajaran kepada kelompok tani maupun gapoktan sistem penyuluhan terpadu dengan menggunakan teknologi informasi sehingga akan mempermudah memperoleh berbagai informasi dari berbagai sumber dan mampu menerapkan pola budidaya pertanian secara terpadu.
Pada umumnya kelompok tani di Tulungagung merasa senang dan bersemangat karena segala permasalahan yang terjadi di lapangan akan mudah diidentifikasi dan segera ditangani.

Sumber : http://www.tulungagung.go.id/index.php/berita/452-merintis-taman-dan-kios-organik-di-desa-karanganom

0 komentar: