Wonderful Banyuwangi

17.56 0 Comments




Tempat wisata Banyuwangi telah dikenal luas akan keindahan wisata alamnya yang menawan. Alam pegunungan dan pantai yang berkarakter membuat Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Pesona wisata Banyuwangi mendapat tempat di hati wisatawan, ini ditunjang pula faktor geografis tempat wisata Banyuwangi tersebut yang berada di antara Bali, Surabaya, Malang, dan Jogjakarta. Banyuwangi terletak di ujung paling Timur pulau Jawa, berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo di utara, selat Bali di Timur, Samudra Hindia di Selatan, serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di Barat. Pelabuhan Ketapang adalah pelabuhan yang ada di Banyuwangi yang menghubungkan Jawa dengan Bali.

Sejumlah tempat wisata Banyuwangi telah memiliki reputasi internasional, tiga yang terkenal adalah wisata Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Pantai Sukamade. Hal ini telah didukung oleh pemerintah di sana dengan mengusung nama “Triangel Diamond” atau Segitiga Berlian yang merupakan himpunan dari ketiga tempat wisata Banyuwangi di atas, sebab ketiganya memiliki karakteristik wisata yang khas dan tergolong unik.
Perlu diketahui juga, pesona wisata Banyuwangi tidak hanya berasal dari wisata alam saja. Anda dapat mencicipi rujak soto Banyuwangi serta aneka kuliner Banyuwangi lainnya. Secara budaya, Anda akan mendapati betapa menariknya wisata budaya yang ada di tempat ini.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi1. Pantai Pulau Merah 

Masyarakat Banyuwangi menyebutnya sebagai Pulau Merah, sebab tanahnya berwarna merah. Bentuknya menyerupai sebuah bukit kecil, terletak tak jauh dari bibir pantai yang memiliki pasir putih sepanjang 3 km. Anda dapat menginjakkan kaki di Pulau Merah ini tatkala air sedang surut, jaraknya hanya 100 meter dari bibir pantai. Cukup hanya dengan berjalan kaki saja. Pantai ini dahulu bernama Pantai Ringin Pitu, sekarang disebut sebagai Pantai Pulau Merah. Ada 2 versi yang beredar tentang penamaan Pulau Merah ini. Pantai ini sekarang sedang dipersiapkan sebagai salah satu tempat surfing di Banyuwangi. Hal ini telah dibuktikan dengan kejuaraan International Surfing Competition pada 2013 yang lalu dengan diikuti para surfer dari 20 negara. Pantai Pulau Merah memiliki ketinggian gelombang hingga 4-5 m, sebuah tempat berselancar menarik di Banyuwangi bagi para pemula atau bahkan yang sudah pro.
Pantai Pulau Merah berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Berjarak sekitar 80 km dari pusat kota Banyuwangi. Harga tiket masuk ke Pantai Pulau Merah adalah Rp 3 ribu per orang, saat weekend menjadi Rp 5 ribu. Untuk datang salah satu tempat wisata Banyuwangi ini, Anda dapat menggunakan transportasi publik. Dari kota Banyuwangi di Terminal Brawijaya naik Bus Minto/Ujang Jaya arah ke Kecamatan Pesanggaran, lalu turun di Pasar Pesanggaran, dan dilanjutkan dengan menyewa ojek ke Pantai Pulau Merah. Jika Anda dari arah Jember, turunlah di terminal Jajag, kemudian naik bus ke Pesanggaran, dan turun Pasar Pesanggaran lalu dilanjutkan dengan menyewa ojek ke pulau merah.


2. Kawah Ijen (Blue Fire)

Kawah Ijen (Blue Fire) Banyuwangi

Kawah Ijen adalah kawah danau terbesar di pulau Jawa, secara administratif terletak di 3 kabupaten, yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. Kawah ini berada pada ketinggian 2.443 m dpl, dengan kedalaman kawah 200m. Kawah Ijen ini diselimuti asap belerang, ini membuatnya memiliki pesona luar biasa, yakni adanya danau belerang yang berwarna tosca dan api biru (blue fire). Anda dapat menyaksikan panorama memikat ini pada saat malam hari hingga menjelang subuh.
Agar dapat tiba di Kawah Ijen, Anda dapat memilih 2 jalur, yaitu dari utara dan selatan. Jalur utara dapat dilalui dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) dan berakhir di Paltuding, waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Jika dari arah selatan, dapat dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak sekitar 35 km. Untuk mencapai kawah, Anda harus mendaki setinggi 3 km, ini memakan waktu sekitar 1,5 jam. Kemiringan pendakian adalah 25-35 derajat. Rasa lelah mendaki akan terbayar lunas tatkala mendapati pesona indah blue fire di salah satu tempat wisata di Banyuwangi terpopuler ini.

3. Teluk Hijau "Green Bay"

Wisata Teluk Hijau (Green-Bay) Banyuwangi

Di Teluk Hijau ini, Anda akan merasakan udara segar pantai yang bercampur dengan udara hutan hutan tropis Taman Nasional Meru Betiri. Dari ktoa Banyuwangi, jarak perjalanan sekitar 3-4 jam. Perjalanan ke Teluk Hijau ini cukup melelahkan, namun Anda akan menyaksikan panorama laut yang memikat. Ini adalah tempat wisata di Banyuwangi yang masih sangat terjaga kemurniannya, belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

4. Pula Tabuhan

Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau tabuhan adalah destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang ingin melakukan scuba diving. Air laut di pulai ini sangat jernih, Anda dapat menemukan kebun laut yang indah di sana. Pulau Tabuhan hanya berjarak sekitar 20 km dari kota Banyuwangi

5. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai Plengkung, inilah pantai di Banyuwangi yang terkenal sebagai pantai terbaik untuk surfing di dunia. Jika Anda ingin surfing di pantai ini, maka bulan Mei hingga Otober adalah medio terbaik untuk surfing. Di kawasan pantai ini, tersedia banyak cottage dan jungle camp. Pantai Plengkung adalah juga salah satu wisata Jawa Timur yang telah dikenal luas oleh publik dunia. Tempat ini adalah salah satu destinasi wisata pantai yang recommended di Indonesia.

Sumber : http://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/jawa-timur/ini-7-tempat-wisata-banyuwangi-paling-menawan/995/

0 komentar: