Manfaat Lari (Bukan Cuma Dari Kenyataan!)

20.06 0 Comments

 
 
Olahraga apa yang praktis, mudah, dan ‘murah-meriah’? Salah satunya, berlari. Ya, berlari memang tidak membutuhkan banyak perlengkapan khusus dan mahal, cukup pakaian dan sepatu yang nyaman dipakai. Selain itu, berlari dapat dilakukan hampir di mana saja dan oleh siapa saja. Yang terpenting, manfaat olahraga lari tidak kalah dengan berbagai jenis olahraga lainnya!
Berlari untuk kesehatan fisik
Sama seperti olahraga lainnya, olahraga lari penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Salah satunya, yaitu untuk kesehatan jantung. Saat berolahraga lari, otot jantung akan ‘dilatih’ dengan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke sel-sel tubuh. Buktinya, jantung terasa berdebar lebih cepat dan kencang saat berlari. Jika olahraga lari dilakukan secara rutin, jantung pun menjadi lebih kuat dan efisien saat bekerja.
Tak hanya kesehatan jantung, olahraga lari ternyata juga penting untuk kesehatan tulang. Rutin berolahraga lari bermanfaat untuk membentuk tulang yang sehat dan kuat. Tulang yang sehat dan kuat penting untuk mendukung remaja agar dapat bebas beraktivitas dan mencapai tinggi yang optimal.
Selain itu, olahraga lari juga bermanfaat untuk menjaga penampilan. Kenapa? Karena olahraga lari sangat efektif membakar kalori dan lemak yang tentunya penting untuk menjaga berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Tak hanya membuat penampilan tampak lebih menarik, berat badan ideal juga penting untuk menurunkan risiko berbagai macam penyakit nantinya (seperti penyakit jantung, kencing manis, dan darah tinggi).
Berlari untuk mood yang lebih baik
Olahraga, termasuk berlari, dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yaitu hormon yang membuat seseorang merasa nyaman dan bahagia. Dengan begitu, suasana hati pun menjadi lebih baik. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa rutin berolahraga bermanfaat untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Bagi remaja dengan berbagai kesibukan di pagi-siang hari, istirahat yang cukup di malam hari jelas penting untuk ‘mengisi energi’ agar dapat kembali aktif dan ceria di esok hari.
Suasana hati yang lebih baik juga didapat dari kepercayaan diri yang lebih tinggi, dan ternyata rutin berolahraga lari memiliki manfaat untuk membangun kepercayaan diri. Kenapa? Karena saat berhasil mencapai target berlari, misalnya dalam hal waktu atau jarak terbaik saat berlari, kepercayaan diri pun pelan-pelan meningkat.
Dan agar berlari menjadi lebih menyenangkan, ajaklah keluarga atau teman untuk berlari bersama. Jangan lupa untuk mengonsumsi cukup air selama dan setelah berlari untuk mengembalikan cairan yang hilang. Lengkapi juga dengan memilih makanan sehat dan kaya nutrisi yang tidak kalah pentingnya untuk kesehatan dan pertumbuhan yang optimal.

Sumber : http://www.hilo-teen.com/manfaat-lari-bukan-cuma-dari-kegalauan

0 komentar: