Rokok dan Gadget, Samakah Bahayanya?

20.35 0 Comments

Kita masih dibingungkan akan resiko yang didapat dari penggunaan gadget secara berlebihan, khususnya gadget yang selalu menempel pada tubuh manusia.

Rokok dan Gadget, Samakah Bahayanya?Ilustrasi: Manusia modern dalam kesehariannya tidak lepas dari teknologi, khususnya gadget-gadget canggih. Apakah bahaya yang ditimbulkannya sama dengan bahaya mengonsumsi rokok? (thinkstockphoto)
 
Dalam suatu artikel New York Times yang tayang pada hari ini, penulis teknologi Nick Bilton menuliskan sebuah esai tentang perbandingan resiko karsinogenik (penyebab kanker) yang didapat dari penggunaan Apple Watch dan rokok.

Dalam artikel yang berjudul “Could Wearable Computers Be As Harmful As Cigarretes?” tersebut, Bilton mengatakan bahwa penggunaan gadget yang bisa dipakai memiliki resiko mematikan, dan berpotensi menyebabkan kanker, sama halnya dengan resiko yang didapat dari mengonsumsi rokok.
Bilton lantas mengubah artikelnya dengan judul “The Health Concerns in Wearable Tech”. Opini yang ia tuangkan mengenai bahaya wearable gadgets tersebut masih belum akurat dan tidak seharusnya membuat khawatir khalayak banyak, mengingat belum adanya penelitian lebih pasti mengenai hal itu.
Memang, selama ini ilmuwan telah mengevaluasi dampak yang ditimbulkan dari pegaruh radiasi handphone terhadap kesehatan tubuh. Hasilnya, sinyal handphone ternyata tidak memilki sangkut paut sama sekali dalam meninggikan resiko kanker pada tubuh manusia.
Seorang profesor epidemiologi di fakultas kedokteran Albert Einstein College, Gepffrey Kabat, mengatakan bahwa Bilton hanya merujuk pada hasil dugaan terburuk dari penelitian yang telah kami lakukan, sehingga artikelnya hanya berisi peringatan bahaya kanker yang disebabkan dari penggunaan gadget. “Jika Anda mempelajari keseluruhan dari hasil penelitian tentang radiasi sinyal handphone, tidak akan anda temukan data bahwa sinyal handphone dapat menyebabkan kanker,” tutup profesor Kabat.

Sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/03/rokok-dan-gadget-samakah-bahayanya

0 komentar: