Mengapa Banteng Benci Warna Merah?

19.21 0 Comments

Mengapa ya banteng benci warna merah?Di televisi kita sering melihat banteng akan berlari menyerbu kain berwarna merah yang dilambaikan di hadapannya dalam pertunjukan matador. Hmm, tampaknya banteng memang nggak suka sama warna merah ya? Sebagian orang berpikir begitu, namun ternyata faktanya adalah banteng merupakan hewan yang buta warna parsial! Apa itu buta warna parsial? Buta warna parsial adalah ketidakmampuan membedakan warna karena tidak sempurnanya sel fotoreseptor kerucut pada mata.
Pada manusia, terdapat tiga sel fotoreseptor kerucut yang masing-masing peka terhadap warna merah, biru, dan hijau. Pada penderita buta warna, salah satu pada ketiga sel itu tidak sempurna sehingga mengalami kesulitan dalam membedakan warna tertentu, biasanya merah-hijau. Begitu juga dengan banteng, hewan ini tidak memiliki sel fotoreseptor seperti pada manusia, sehingga kesulitan membedakan warna.
Mengapa banteng menjadi marah saat dilambaikan kain merah di depannya? Bukan warna merah yang membuatnya marah, melainkan lambaian kain itulah yang membuatnya marah. Warna merah kerap digunakan dalam pertunjukan karena warna merah adalah warna yang jelas terlihat pada siang maupun malam hari sehingga penonton dapat melihat dengan jelas kain tersebut. Jadi, warna merah dipilih bukan karena dibenci banteng, tapi demi terlihat jelas oleh penonton yang menontonnya. So, kamu nggak perlu takut deket-deket banteng pakai baju warna merah, dia nggak tahu kok warna baju kamu.

Sumber : http://sains.me/709/mengapa-banteng-benci-warna-merah.html/

0 komentar: