Sepatu Mengeluarkan Bau Tidak Sedap?

20.59 0 Comments

Sepatu Mengeluarkan Bau Tidak Sedap? Kenali Sebab-sebabnya, Lalu Atasi


Melepas sepatu dan muncul bau yang tidak sedap dari kaki Anda tentu akan menjadi momen yang sangat memalukan. Jika tak ingin hal tersebut terjadi, kenali penyebabnya dan segera atasi.

"Faktornya bisa dari gampang berkeringat, tidak ada evaporasi di dalam sepatu apalagi yang berbahan plastik. Itu akan lebih baik kalau menggunakan kaos kaki," jelas dr Meidy H Triangto, Sp.KFR (Kid's Foot Rehabilitation Center) dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, saat dihubungi detikHealth, ditulis Rabu (14/8/2013).

Kulit lembab juga bisa jadi penyebab bau busuk pada kaki. Maka dari itu, banyak sepatu yang menggunakan lapisan tambahan untuk menyerap kelembaban pada kaki.

"Setiap hari kalau bisa pakai kaos kaki ya. Sepatu juga supaya tetap bersih kalau sudah kotor dicuci, jangan setiap hari juga, nanti malah rusak," tambah dr Meidy.

Penjelasan tersebut juga diamini dr Haidir Suleiman, MM, Sp.RM. Menurutnya, faktor penyebab kaki bau bisa berasal dari kelembaban, jamur, sepatu kotor, dan tidak ganti kaos kaki.

"Kalau sepatu sudah lama tidak dipakai sebaiknya nggak usah dicuci, dilap saja cukup. Kalau sepatu yang dipakai, kalau sudah kotor ya sebaiknya langsung dicuci," jelas dr Haidir Suleiman, MM, SpRM, dari Departemen Rehabilitasi Medik RS Puri Indah.

dr Haidir menjelaskan, bahan sepatu seperti kulit tidak terlalu berpengaruh membuat kaki bau. Yang paling parah justru sepatu berbahan plastik, sebab bisa membuat kaki lebih berkeringat.

Yang terpenting, gunakan sepatu yang nyaman di kaki. Bila ada kesempatan, juga ada baiknya sepatu dilepas sejenak, misal pada saat duduk di meja kantor, selesai sholat dan beristirahat.

"Misalnya kayak sepatu cowok, waktu lagi duduk bisa sepatunya dilepas biar tidak terlalu lembab kakinya. Kalau tidak pakai kaos kaki, itu juga bisa menimbulkan bau pada kaki. Saat kaki basah juga sebaiknya keringkan dulu jangan langsung pakai sepatu, karena kalau basah akan mengakibatkan jamur dan laserasi (kulit mudah robek)," tutup dr Haidir.

Sumber : http://health.detik.com/read/2013/08/14/174439/2329857/775/sepatu-mengeluarkan-bau-tidak-sedap-kenali-sebab-sebabnya-lalu-atasi

0 komentar: