Apa Sih Penyebab Mata Kedutan?

19.10 0 Comments


Ilustrasi mata berkedut

Kamu percaya nggak sih mitos yang bilang kalau mata kedutan berarti kita mau dapat rejeki? Well, terlepas dapat rejeki atau tidak, kelopak mata kedutan terjadi karena kontraksi otot di sekitar kelopak mata selama beberapa saat. Pada umumnya kontraksi otot tersebut terjadi karena kita terlalu stress atau kelelahan akibat kurang tidur.
Kedutan yang hanya terjadi sesekali sama sekali tidak berbahaya, namun apabila terjadi secara terus-menerus dan sukar dihentikan itu bisa jadi merupakan gejala gangguan saraf. Lebih baik kamu segera pergi ke dokter.
Beberapa penyebab mata kedutan selain kelelahan dan kurang tidur adalah melihat terlalu lama di tempat yang sama, misalnya layar komputer. Penyebab lain adalah konsumsi kafein dan alkohol yang berlebih. Para ahli sepakat bahwa konsumsi kafein dan alkohol bisa membuat mata berkedut karena meningkatnya tekanan pada pembuluh darah.
Nah setelah mengerti penyebab mata sering kedutan, mulailah mengoreksi diri sendiri. Apakah selama ini kamu terlalu capek atau kurang tidur? Atau bahkan mungkin kamu terlalu banyak minum kopi? Pencegahan yang paling mudah dilakukan adalah perbanyak istirahat, tidur cukup di malam hari dan hindari bekerja dengan layar komputer dengan durasi terlalu lama. Solusinya, jika kamu sedang sibuk dengan komputer, sesekali istirahatkan matamu dengan melihat jauh ke depan selama beberapa saat, kemudian pejamkan mata. Ulangi beberapa kali, sebab melihat terlalu lama ke layar komputer membuat mata kita sangat jarang berkedip, akhirnya bola mata menjadi kering dan lelah.

Sumber : http://sains.me/375/tanyasains-apa-sih-penyebab-mata-kedutan.html/

0 komentar: