Your Body Changes! Perubahan Yang Terjadi di Masa Remaja

20.04 0 Comments


Masa remaja adalah masa yang penuh perubahan. Ya, di masa inilah pertumbuhan dan perkembangan tubuh terjadi dengan sangat pesat. Ingin tahu perubahan apa saja yang umum dialami saat masa remaja?
Pertumbuhan tinggi badan Salah satu perubahan yang paling terlihat di masa remaja adalah perubahan ukuran fisik. Pada masa ini, pertumbuhan dan perkembangan tulang yang diimbangi dengan penambahan berat otot tubuh terjadi dengan sangat pesat. Yang terlihat, berat badan bertambah dan tubuh pun semakin meninggi. Pertambahan berat dan tinggi badan ini biasanya dimulai pada usia 10-12 tahun di anak perempuan dan pada usia 12-14 tahun di anak laki-laki. Proses pertumbuhan dan perkembangan ini akan selesai pada usia 17-19 tahun di anak perempuan dan usia 20 tahun di anak laki-laki. Secara rata-rata, penambahan tinggi badan yang terjadi pada anak perempuan di masa remaja dapat mencapai 20.5-25 cm. Dan di anak laki-laki, tinggi badan dapat bertambah hingga 30 cm.
  • Tips: Agar pertumbuhan dan perkembangan tubuh di saat remaja optimal, nutrisi yang lengkap sangatlah penting. Apa saja yang diperlukan? Protein sebagai bahan dasar penyusun sel dan otot tubuh, zinc untuk menjaga kesehatan tulang dan sintensis protein, zat besi untuk mencegah anemia, kalsium dan vitamin D untuk tulang dan gigi yang kuat, serta vitamin B agar tetap berenergi.
Perkembangan otak dan fungsi kognitif Walaupun tidak terlihat secara kasat mata, perkembangan otak dan fungsi kognitif saat remaja sesungguhnya tidak kalah pesatnya. Contohnya apa tuh? Kemampuan untuk berpikir dengan lebih abstrak mulai terbentuk. Artinya, kita, remaja tidak lagi melihat dunia secara ‘hitam-putih’ dan mulai berpikir untuk menyusun rencana dan tujuan jangka panjang. Selain itu, kemampuan untuk menganalisa situasi dan hubungan sebab-akibat secara logis pun mulai berkembang. Kamu juga mengalami demikian kan? Perubahan dalam fungsi kognitif ini seringkali membuat remaja lebih senang berkumpul bersama teman dibandingkan keluarga. Padahal, orang tua tetaplah ‘teman terbaik’ untuk berdiskusi, terutama saat pengambilan keputusan penting.
  • Tips: Agar perkembangan otak dan fungsi kognitif optimal, pastikan kebutuhan omega-3, omega-6, zat besi, dan protein terpenuhi. Semua nutrisi ini diperlukan untuk pembentukan dan perkembangan jaringan di otak dan sistem syaraf.
Pubertas Pada masa pubertas, terjadi perkembangan sistem dan organ reproduksi yang akan berpengaruh pada fertilitas nantinya. Yang terutama terjadi pada masa pubertas adalah perubahan hormon yang berkaitan dengan sistem reproduksi. Hal ini dapat menyebabkan perubahan bentuk dan komposisi tubuh, ketidakstabilan mood atau suasana hati (alias galau!), serta timbulnya jerawat. Pada anak perempuan, masa pubertas biasa dimulai pada usia 10-13 tahun. Anak laki-laki biasanya memasuki masa pubertas lebih lambat, yaitu pada usia 11-14 tahun.
  • Tips: Nutrisi berperan penting dalam perkembangan dan ‘kematangan’ sistem reproduksi. Asupan nutrisi yang tidak mencukupi dapat menyebabkan perkembangan sistem reproduksi terhambat.
Wah, begitu banyak perubahan yang terjadi saat kita remaja, Teens... Seperti telah dijelaskan di atas, asupan nutrisi yang lengkap dan mencukupi penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan di masa ini. Sayangnya, banyak remaja yang kurang mengonsumsi ‘makanan sehat (seperti buah, sayur, dan susu)’ dan terlalu banyak mengonsumsi ‘makanan tidak sehat yang tinggi gula, garam, dan lemak’. Bahayanya, hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan nantinya. Jadi, mulailah hidup sehat dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi yang bervariasi dan lengkapi dengan rutin berolahraga.

Sumber : http://www.hilo-teen.com/your-body-changes-perubahan-yang-terjadi-di-masa-remaja

0 komentar: