Kenali Ciri Makanan Tanpa Bahan Pengawet

20.17 0 Comments

Kenali Ciri Makanan Tanpa Bahan Pengawet
LAMANYA daya simpan makanan menjadi salah satu indikator untuk menentukan kualitas makanan itu. Namun, semakin kuat makanan disimpan maka Anda patut mencurigainya. Karena makanan yang terbuat dari bahan alami, tidak akan bisa disimpan dalam jangka waktu yang terlalu lama, terlebih jika makanan tersebut memiliki sifat basah.
"Makanan kalau nggak tahan lama itu berarti tidak mengandung bahan pengawet," kata Thomas Djorghy, artis sekaligus pemilik usaha Pempek Tanliz ketika ditemui Okezone di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.
Ia menjelaskan, kalau makanan basah bisa kuat disimpan dalam suhu ruang selama berhari-hari dan tidak rusak, maka harus dicurigai karena hampir dapat dipastikan mengandung bahan pengawet. Ia mencontohkan produk pempeknya, yang harus segera dikonsumsi tak lama setelah digoreng.
"Kalau sudah matang maksimal empat jam harus langsung dimakan," ujarnya. Hal ini untuk menjaga kualitas tekstur dan rasanya. Karena menurut Thomas, makanan yang enak dan lezat  adalah makanan yang baru matang dan masih hangat.
Jika dalam keadaan masih mentah, lanjut Thomas, pempek bisa bertahan selama tujuh hari jika disimpan dalam suhu dingin (dalam lemari es). Bahkan bisa bertahan lebih lama jika dibekukan dalam freezer. "Dalam suhu beku bisa tahan hingga sebulan atau bahkan lebih," tutup Thomas.

Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2015/03/19/298/1120902/kenali-ciri-makanan-tanpa-bahan-pengawet

0 komentar: