Wanita Pertama yang Dibunuh karena Penelitian Ilmiah

20.45 1 Comments

Hypatia, perempuan pertama dalam sejarah yang dibunuh karena melakukan penelitian Ilmiah.

Wanita Pertama yang Dibunuh karena Penelitian Ilmiah 
 
Mungkin tidak banyak yang mengenal nama Hypatia. Ia adalah perempuan pertama dalam sejarah yang dibunuh karena melakukan penelitian Ilmiah. Mengutip kalimat Fernando Baez dalam bukunya Penghancuran Buku dari Masa ke Masa,mempelajari Hypatia adalah mempelajari masa-masa kehancuarn Alexandria alias Iskandariyah, Mesir.
Hypatia adalah putri tercantik Theon, pustakawan Alexandria, yang lahir pada 355. Theon sendiri terkenal sebagai seorang sarjana yang telah menghasilkan risalah mengenai geometri dan musik. Tapi Hypatia ternyata lebih unggul dari ayahnya dalam segala hal. Ia memiliki pengetahuan lengkap, mulai dari ilmu astronomi, matematika, filfasat, dll.
Beberapa karya yang berhasil ditelurkan Hypatia adalah Tanggapan atas Aritmatika Diofantus, Tanggapan atas Konik Apollonius, juga sebuah edisi dari buku ketiga naskah yang ditulis ayahnya untuk menjelaskan Almagest Ptolemeus. Sayang sekali, hanya sedikit dari tulisan-tulisan tersebut yang masih ada; karya-karya Hypatia habis dimusnahkan oleh orang-orang yang iri dengan kecermelangannya.
Hypatia juga seorang pengajar yang penuh pengabdian. Ia membuka kelas-kelas untuk satu kelompok murid pemula; ajaran Neoplatonisme—cara pikir Hypatia sangat dipengaruhi oleh Plato dan Plotinus—yang dianutnya membangkitkan kembali pelajaran geometri. Dari beberapa literatur disebutkan, banyak orang memohon-mohon untuk bisa hadir di kelas-kelas yang diselenggarakan oleh Hypatia.

Sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/02/wanita-pertama-yang-dibunuh-karena-penelitian-ilmiah

1 komentar:

  1. Sports Toto: Sports Betting | Sport of the Day - Sporting 100
    Sports Toto Bet - baoji titanium We've got a new sportsbook and 출장샵 casino, you can bet 라이브스코어 online หาเงินออนไลน์ on 토토 사이트 추천 sports online and enjoy sports betting from any state.

    BalasHapus