Ponsel Ternyata Lebih Jorok dari Toilet

01.05 0 Comments

DI era modern ini, jarang sekali ada orang yang betah berlama-lama terpisah dengan gadgetnya, terutama telepon genggam atau smartphone. Jika Anda termasuk gologngan orang-orang yang sering menggunakan ponsel atau smartphone, kemungkinan besar smartphone kesayangan Anda merupakan tempat tumbuhnya berbagai macam kuman dan bakteri berbahaya.

Dalam banyak kasus, bakteri yang terdapat di ponsel biasanya tak berbahaya. Bakteri semacam ini biasanya berasal dari kebiasaan Anda jarang membersihkan ponsel atau ketika Anda menyentuh permukaan benda lain yang kotor dan lupa tidak mencuci tangan. Akan tetapi pada kasus lainnya, bakteri yang berkumpul pada smartphone bisa jadi berbahaya dan berujung pada infeksi, keracunan makanan, atau bahkan masalah kesehatan yang lebih parah.

bukti jika ponsel lebih jorok dari toilet
Pengamatan terhadap bakteri yang terdapat pada ponsel

Ponsel Lebih Jorok Dari Toilet

Berikut adalah gambar/foto yang menangkap bahwa begitu banyaknya bakteri pada Handphone. Para peneliti melakukan riset untuk melihat seberapa banyak bakteri dalam handphone dan apa saja jenis bakteri yang ditemukan.

bukti jika ponsel lebih jorok dari toilet
Foto Bakteri Staphylococcus aureus pada Ponsel

Para Peneliti di University of Surrey melakukan pengamatan terhadap bakteri yang terdapat pada ponsel. Mereka mengamati pertumbuhan bakteri tersebut dan terkejut dengan apa yang mereka temukan. Dalam beberapa kasus, para peneliti menemukan bakteri berbahaya seperti bakteri Staphylococcus aureus pada ponsel tersebut. Diperkirakan sekitar 20% orang memiliki bakteri ini pada tubuh seseorang, yang kerap tinggal pada saluran pernapasan.

bukti jika ponsel lebih jorok dari toilet
Bakteri Staphylococcus aureus

Bakteri Staph ini biasanya tidak berbahaya jika hanya menempel pada kulit. Akan tetepai apabila bakteri ini masuk melalui bahagian kulit yang terluka, maka Staph bisa memicu infeksi. Tak hanya itu, Staph juga diperkirakan bisa menyebabkan keracunan makanan. Bakteri ini dapat menyebar kapan saja dari satu orang ke orang lainnya melalui permukaan benda-benda, salah satunya adalah Handphone.

“Tampaknya ponsel kita tak hanya bisa menyimpan nomor telepon, tetapi juga bisa menyimpan kontak-kontak fisik kita dengan benda lain seperti orang lain, tanah, permukaan yang tak bersih, dan lainnya,” ungkap Dr Simon Park, salah satu peneliti, seperti dilansir oleh Daily Mail, 15 Januari.

bukti jika ponsel lebih jorok dari toilet
Gambar bakteri Staphylococcus aureus

Penelitian sebelumnya mengungkap bahwa rata-rata ponsel memiliki kuman berbahaya 18 kali lebih banyak ketimbang dengan toilet/wc umum pria. Foto-foto dari hasil penelitian diatas membuktikan bahwa bakteri handphone lebih jorok ketimbang toilet dan hasil tersebut benar adanya.

Analisis terhadap ponsel ini menemukan bahwa 25 persen ponsel dalam keadaan kotor dan mengandung 10 kali lebih banyak bakteri berbahaya. Setelah melihat gambar-gambar diatas, mulai sekarang sebaiknya Anda mulai rajin membersihkan permukaan ponsel dengan cairan pembersih atau alkohol agar ponsel tak menjadi sarang bagi bakteri berbahaya.

0 komentar: