Kelebihan Orang yang Mempunyai Keseimbangan Otak

01.32 0 Comments

Kelebihan Orang yang Mempunyai Keseimbangan Otak

Kelebihan Orang yang Mempunyai Keseimbangan Otak


Keseimbangan Otak = Kreativitas

Keseimbangan otak ini dahsyat dampaknya. Anak yang kedua belahan otaknya mendapat kesempatan yang sama untuk berkembang, akan memunculkan kreativitasnya. Yakni suatu kemampuan daya cipta atau kemampuan menciptakan hal-hal baru. "Sesuatu yang diciptakan itu tak perlu hal-hal baru sama sekali, tapi dapat merupakan gabungan atau kombinasi dari hal-hal yang sudah ada sebelumnya. Jadi sebagai orangtua kita wajib memberikan rangsangan pada anak agar kemampuan kreativitasnya berkembang baik," kata Rose.

Anak yang seimbang antara otak kanan dan kirinya, ketika besar akan dapat mengaktualisasikan diri lebih mudah. Di antaranya, ia akan memiliki perhatian lebih pada keadaan sekelilingnya, keingintahuannya juga sangat besar, berkembang kreativitasnya serta memiliki imajinasi yang kuat tentang berbagai hal. Ia pun mudah bergaul dan mendapatkan teman. Mudah memahami hal yang tidak matematis, metaforis, dan pola-pola dimensi abstrak seperti dimensi ruang, suara, dsb. Anak memiliki rasa tanggung jawab, berani mengemukakan pendapat, dan bisa menghargai pendapat orang lain. Juga tak mudah stres jika terperangkap dalam situasi penuh tekanan. Dahsyat dampaknya, kan?

Dimensi Inteligensi Versi Gardner

Seorang pakar kecerdasan, Howard Gardner, mengemukakan bahwa arti dari kecerdasan harus diperluas spektrumnya dan tak terbatas pada pemecahan masalah atau persoalan rasional belaka, seperti dalam pelajaran bahasa dan matematika. Ia mengemukakan delapan dimensi inteligensi.

Language intelligence, hal ini berkaitan erat dengan kemampuan untuk membaca, menulis, dan berkomunikasi.

Logical mathematical intelligence, yaitu kemampuan untuk menghitung, berpikir sistematis, dll.

Visual spatial intelligence, yaitu kemampuan membayangkan suatu hasil akhir, mengimajinasikan sesuatu.

Musical intelligence, yaitu kemampuan untuk menciptakan lagu, mengerti dan memahami musik, menyanyi, dll.

Bodily-kinesthetic intelligence, yaitu kemampuan menggunakan kecekatan tubuh untuk mengatasi masalah, menghasilkan suatu produk.

Interpersonal (social) intelligence, yaitu kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain secara efektif, kemampuan untuk berempati dan memahami orang lain.

Intrapersonal intelligence, yaitu kemampuan untuk menganalisa diri sendiri, menggunakan perasaannya, untuk membuat perencanaan dan tujuannya.

Natural intelligence, yaitu kemampuan untuk mengenali flora dan fauna serta dapat melihat perbedaan yang ada pada alam ini.

0 komentar: